FOTO
MENARIK KONSUMEN TERTARIK
“Foto
Menarik Konsumen Tertarik” menarik bukan? Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia
pemasaran tidak jauh-jauh dengan yang namanya foto. Foto menjadi cerminan dari
apa yang kita pasarkan, bayangkan jika anda memasarkan sebuah property namun
dengan foto yang jelek, Jalankan konsumen tertarik untuk membeli, datang untuk
berkunjung saja mereka sudah malas. Oleh karena itu, saya akan membahas sedikit
dunia photography khususnya di bidang property. Simak terus artikel kali ini
dari awal hingga akhirnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk memajukan usaha
anda didunia property.
Sebagus apapun kamera
anda, kalau anda memegang kamera tidak dalam posisi steady, hasilnya menjadi tidak maksimal. Kecuali kamera anda
mempunyai fitur image stabilization, yaitu
fitur yang mampu menangkap gambar dengan baik disaat ada sedikit guncangan
ditangan.
FOTO
SELURUH BAGIAN RUMAH
Coba
bayangkan jika isi rumah anda begitu menarik, seperti mempunyai wallpaper di
dinding tembok, bathup dikamar mandi, keramik granite, hiasan lampu yang
menyala-nya, namun anda hanya menampilkan foto depan rumah di iklan yang anda
tayangkan. Sangat disayangkan bukan ? nilai lebih yang bisa menjadi daya tarik
lebih dari rumah tersebut, sirnah begitu saja karena calon pembeli anda tidak
mengetahuinya. Namun, jika anda berhasil menampilkan seluruh bagian rumah anda,
seperti dapur, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi. Konsumen menjadi jauh
lebih tertarik dan penasaran untuk mengunjunginya.
Namun
saran saya jika isi rumah yang ada tidak begitu layak atau tidak menarik untuk diperlihatkan ,
lebih baik anda hanya menampilkan tampak depan rumah saja. Setidaknya tampak
depan yang menarik akan menutupi kekurangan dari isi rumah yang ada.
POSISIKAN
DIRI ANDA SEBAGAI KONSUMEN
Setelah
anda mengambil beberapa foto dari suatu rumah, coba posisikan diri anda sebagai
seorang konsumen. Tanya kepada diri anda, apakah saya tertarik dengan rumah
ini? Jika tidak , mungkin anda bisa mengambil kembali foto yang ada dengan
kualitas yang lebih baik. Kecuali rumah yang ada memang tidak menarik, mau tidak mampu anda harus
mempunyai strategi lain dalam pemasaran seperti tonjolkan kelebihan dari rumah
yang ada misalnya lokasi yang strategis, harga yang paling murah, dll.
GUNAKAN
APLIKASI EDITOR UNTUK MEMPERINDAH HASIL FOTO
Bagai
sebuah pisau, jika semakin diasah maka akan semakin tajam. Begitu juga dengan
hasil foto, jika diberikan sedikit sentuhan editor hasilnya akan semakin
membuat konsumen tertarik. Aplikasi yang saya sarankan untuk digunakan bagi
pemula adalah PhotoScape dikarenakan terbilang mudah untuk dipakai. Namun,
jika anda menggunakan handphone/mobile
untuk menghias foto yang menyarankan untuk menggunakan aplikasi VSCOCAM.
Selain bisa memberikan fitur-fitur editor yang cukup lengkap, kualitas
foto anda juga tidak berkurang alias tidak mengurangi besaran file yang ada.
KUALITAS
FOTO MENURUN AKIBAT TRANSFER FILE
Transfer
file disini adalah mengirim foto dengan menggunakan media social seperti line,
whatsapp, bbm. Saran saya jika anda tetap ingin mempertahankan kualitas foto
yang ada, lebih baik anda mengirim foto dari handphone ke computer/laptop via
Bluetooth atau colok kabel. Mengapa demikian? Karena pengiriman foto lewat
media social akan menurunkan ukuran/besaran file yang ada, sehingga kualitas
foto yang ada menjadi berkurang atau menurun.
PHOTOSCAPE
Gambar diatas merupakan aplikasi edit yang
saya gunakan yaitu : Photoscape.
Disamping kanan gambar adalah menu-menu edit mulai dari resiza, crop,
brightness & colour, dll. Namun biasanya saya hanya menggunakan menu
brightness & colour. Berikut adalah fitur-fitur yang terdapat pada menu
tersebut.
Nah fitur yang saya gunakan adalah :
- Deepen
Kegunaannya adalah untuk
menebalkan gambar
- Exposure
Kegunaannya untuk
memperbesar / memperkecil bukaan
3. Bright
Kegunaannya
adalah menambah/ mengurangi tingkat pencahayaan
4. Contrast
Kegunaannya
adalah membuat gambar menjadi lebih kontras
5. Saturation
Kegunaannya
adalah agar warna gambar terlihat lebih cerah / tajam.
- Temprature
Untuk mengatur tingkat suhu
suatu gambar : panas-dingin.
Saya
sengaja untuk tidak menyebutkan berapa besaran tinggi / rendah pemakaian fitur
tersebut. Dikarenakan semua tergantung kebutuhan dari masing-masing foto. Misal
: foto A tingkat pencahayaannya sangat kurang, otomatis anda harus meningkatkan
bright lebih besar.
Tetapi,
saya menyarankan untuk tidak meningkatkan / menurunkan besaran terlalu banyak
karena hasilnya menjadi tidak terlihat natural. Jadi lebih baik disesuaikan
dengan kebutuhan yang ada saja.
Hasil
Edit menggunakan aplikasi Photoscape
Rumah diatas terjual
kurang dari 1 minggu setelah saya giat memasarkannya. Kesimpulannya jika anda
mampu menampilkan foto yang menarik, maka konsumen akan jauh lebih tertarik
untuk mengunjungi rumah yang anda pasarkan. Semoga readers mendapatkan
pengetahuan baru mengenai dunia photography khususnya dibidang property.
Jika anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai dunia photography secara umum. Silahkan kunjungi blog teman saya di situs berikut : http://clickthemoments.blogspot.com
Jika anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai dunia photography secara umum. Silahkan kunjungi blog teman saya di situs berikut : http://clickthemoments.blogspot.com
2 komentar:
wah bagus kak foto-fotonya. cek blogspot aku juga ya di iamchristianaditya.blogspot.com. thanks
Artikel nya menginspirasi saya. Jika Anda berminat mengenai fotografi, bisa buka blog saya di http://clickthemoments.blogspot.com, thankyou :)
Posting Komentar