CHAPTER 5
PROPERTY & THE MARKETING MIX
Pertanyaan
pertama yang mungkin akan anda tanyakan adalah apakah itu marketing mix dan apa
kegunaannya? Sebelumnya saya akan membahas dulu apa itu marketing mix.
Marketing mix is a combination of the
product itself, the price of product, the place where it is made available, and
the activities that introduce it to consumer that creates a desired response
among a set of predefined consumers.
Bingung ? Pasti ! Oke saya jelaskan intinya marketing mix adalah komponen-komponen dasar yang menjadi pondasi dalam kegiatan pemasaran. Marketing Mix biasa disingkat sebagai 4P yang terdiri dari :
1.
Product
2.
Price
3.
Place
4.
Promotion
Komponen
diatas digunakan jika anda menjual product. Sedangkan jika anda menjual service atau jasa ada tambahan 3P lagi
yaitu :
5.
People
6.
Process
7.
Physical Evidence
Sebagai
seorang marketer atau pemasar, hal diatas adalah pengetahuan dasar yang wajib
anda ketahui dan anda pahami. Bayangkan jika anda ingin menjual suatu product
atau jasa tapi anda tidak menguasai product yang anda jual, atau bahkan anda
tidak mengetahui harga dari produk tersebut. Suatu hal yang patut untuk
dipertanyakan bukan? Kalau begitu mari kita bahas satu per satu
komponen-komponen yang terdapat didalam marketing mix khususnya dibidang property.
Product

Keluar dari spesifikasi
atau fitur-fitur yang ditawarkan, ada faktor lain yang lebih penting untuk
diperhatikan yaitu “added value” atau
nilai lebih. Dikarenakan konsumen membeli suatu barang/ jasa sebenarnya
didasarkan oleh kebutuhan atau permasalahan yang mereka hadapi. Sehingga, anda harus tau betul apa
yang diinginkan oleh mereka. Caranya adalah menggalih melalui
pertanyaan-pertanyaan yang anda ajukan. Biasanya akan keluar jawaban seperti
“sebenarnya saya ingin rumah yang …….” Nah dari situ, anda sudah menemukan
kriteria utama yang mereka cari. Nilai lebih disini seperti “dengan anda
membeli rumah ini, keluarga dan anda akan merasa nyaman dikarenakan dekat
dengan sport club atau tempat
bermain. Jika anda berhasil mempertemukan apa yang dicari oleh konsumen dengan
rumah yang tepat, maka anda selangkah didepan menuju titik pertemuan
penjual-pembeli.
Price

Begitu
juga dalam dunia properti, harga adalah faktor yang sangat rentan. Dikarenakan
ini adalah faktor pertama yang menjadi pertimbangan orang sebelum menentukan
rumah yang akan mereka pilih. Jika anda memasang harga terlalu tinggi, jalankan
konsumen datang untuk melihat rumah yang anda jual, untuk melihat diiklan saja
orang sudah malas. Tetapi, memang tidak menutup kemungkinan kalau ada saja
orang yang rela mengeluarkan uang lebih banyak jika mereka sudah suka dengan
rumah tersebut.
Place
Tempat
disini merupakan sumber distribusi alias tempat bertemunya barang dengan
konsumen. Dalam dunia properti, tempat bertemunya barang dengan konsumen berada
di properti itu sendiri. Namun, sebelum bertemu secara langsung atau direct sales, diawali dulu dari
tanya-jawab melalui internet.
Promotion
Promosi
adalah hal yang bisa dibilang kritikal disini karena tanpa media ini bagaimana
cara konsumen mengetahui produk yang anda jual. Sebenarnya promotion tidak
hanya bicara mengenai iklan, tetapi bisa juga seperti special offers, endorsements, user trials, campaigns, join ventures.
Namun, dalam dunia property agency lebih menekankan pada bagian advertising. Advertising didunia
properti sebenarnya mempunyai banyak cara mulai dari yang konvensional sampai
digital. Namun, seiring perkembangan zaman media konvensional sudah mulai
ditinggalkan dan semua sudah hampir beralih ke media digital. Media
konvensional yang masih efektif adalah menggunakan plang yang biasanya ditaruh
dipagar rumah yang akan dijual. Masih terbilang cukup efektif untuk
meningkatkan awareness bahwa ada rumah yang dijual didaerah tersebut. Tetapi,
cakupan atau jangkauannya sangat terbatas dilingkungan tersebut saja. Sedangkan
media digital mempunyai cakupan yang tidak terbatas, bahkan batas antar pulau
yang jauh sekalipun bisa dilewati dengan menggunakan kecanggihan internet.
Media
digital diatas bicara tentang website atau situs yang menawarkan jasa pemasaran
properti. Banyak yang menawarkan jasa tersebut, namun sepengalaman saya yang
cukup efektif dalam memasarkan yaitu website rumah.com, rumah123.com. Sudah
pernah saya jelaskan sebelumnya tentang cara beriklan. Bisa dikunjungi di link
berikut ini :
Jadi
intinya marketing mix harus diperhatikan dengan baik. Jika anda sudah memahami
semua komponen yang ada, bukan hal yang sulit bagi anda untuk mempertemukan
penjual dan pembeli yang berujung pada pembelian properti.
Titipan Teman
Kunjungi juga kami di weheartcase, disini kami menyediakan berbagai macam jenis casing untuk smartphone kesayangan anda. Mulai dari smartphone Iphone, Samsung, dll.
2 komentar:
terima kasih kak artikelnya bagus
bisa aja menggabungkan marketing mix sama property hahaha
Posting Komentar