Welcome to kevinprayudi.blogspot.com. Feel free to explore more about property. Regards,"Pemuda Pemasar Properti"

Selasa, 14 April 2015

FOTO MENARIK KONSUMEN TERTARIK

FOTO MENARIK KONSUMEN TERTARIK

“Foto Menarik Konsumen Tertarik” menarik bukan? Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia pemasaran tidak jauh-jauh dengan yang namanya foto. Foto menjadi cerminan dari apa yang kita pasarkan, bayangkan jika anda memasarkan sebuah property namun dengan foto yang jelek, Jalankan konsumen tertarik untuk membeli, datang untuk berkunjung saja mereka sudah malas. Oleh karena itu, saya akan membahas sedikit dunia photography khususnya di bidang property. Simak terus artikel kali ini dari awal hingga akhirnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk memajukan usaha anda didunia property.


FOTO TIDAK BOLEH GOYANG
Sebagus apapun kamera anda, kalau anda memegang kamera tidak dalam posisi steady, hasilnya menjadi tidak maksimal. Kecuali kamera anda mempunyai fitur image stabilization, yaitu fitur yang mampu menangkap gambar dengan baik disaat ada sedikit guncangan ditangan.

FOTO SELURUH BAGIAN RUMAH
            Coba bayangkan jika isi rumah anda begitu menarik, seperti mempunyai wallpaper di dinding tembok, bathup dikamar mandi, keramik granite, hiasan lampu yang menyala-nya, namun anda hanya menampilkan foto depan rumah di iklan yang anda tayangkan. Sangat disayangkan bukan ? nilai lebih yang bisa menjadi daya tarik lebih dari rumah tersebut, sirnah begitu saja karena calon pembeli anda tidak mengetahuinya. Namun, jika anda berhasil menampilkan seluruh bagian rumah anda, seperti dapur, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi. Konsumen menjadi jauh lebih tertarik dan penasaran untuk mengunjunginya.
            Namun saran saya jika isi rumah yang ada tidak begitu layak  atau tidak menarik untuk diperlihatkan , lebih baik anda hanya menampilkan tampak depan rumah saja. Setidaknya tampak depan yang menarik akan menutupi kekurangan dari isi rumah yang ada.

POSISIKAN DIRI ANDA SEBAGAI KONSUMEN
            Setelah anda mengambil beberapa foto dari suatu rumah, coba posisikan diri anda sebagai seorang konsumen. Tanya kepada diri anda, apakah saya tertarik dengan rumah ini? Jika tidak , mungkin anda bisa mengambil kembali foto yang ada dengan kualitas yang lebih baik. Kecuali rumah yang ada memang  tidak menarik, mau tidak mampu anda harus mempunyai strategi lain dalam pemasaran seperti tonjolkan kelebihan dari rumah yang ada misalnya lokasi yang strategis, harga yang paling murah, dll.

GUNAKAN APLIKASI EDITOR UNTUK MEMPERINDAH HASIL FOTO
            Bagai sebuah pisau, jika semakin diasah maka akan semakin tajam. Begitu juga dengan hasil foto, jika diberikan sedikit sentuhan editor hasilnya akan semakin membuat konsumen tertarik. Aplikasi yang saya sarankan untuk digunakan bagi pemula adalah PhotoScape dikarenakan terbilang mudah untuk dipakai. Namun, jika anda menggunakan handphone/mobile untuk menghias foto yang menyarankan untuk menggunakan aplikasi VSCOCAM. Selain bisa memberikan fitur-fitur editor yang cukup lengkap, kualitas foto anda juga tidak berkurang alias tidak mengurangi besaran file yang ada.



KUALITAS FOTO MENURUN AKIBAT TRANSFER FILE
            Transfer file disini adalah mengirim foto dengan menggunakan media social seperti line, whatsapp, bbm. Saran saya jika anda tetap ingin mempertahankan kualitas foto yang ada, lebih baik anda mengirim foto dari handphone ke computer/laptop via Bluetooth atau colok kabel. Mengapa demikian? Karena pengiriman foto lewat media social akan menurunkan ukuran/besaran file yang ada, sehingga kualitas foto yang ada menjadi berkurang atau menurun.

PHOTOSCAPE



Gambar diatas merupakan aplikasi edit yang saya gunakan yaitu : Photoscape. Disamping kanan gambar adalah menu-menu edit mulai dari resiza, crop, brightness & colour, dll. Namun biasanya saya hanya menggunakan menu brightness & colour. Berikut adalah fitur-fitur yang terdapat pada menu tersebut.



Nah fitur yang saya gunakan adalah :
  1. Deepen
Kegunaannya adalah untuk menebalkan gambar
  1. Exposure
Kegunaannya untuk memperbesar / memperkecil bukaan
3.    Bright
Kegunaannya adalah menambah/ mengurangi tingkat  pencahayaan
4.    Contrast
Kegunaannya adalah membuat gambar menjadi lebih    kontras
5.    Saturation
Kegunaannya adalah agar warna gambar terlihat lebih cerah / tajam.
  1. Temprature
Untuk mengatur tingkat suhu suatu gambar : panas-dingin.

Saya sengaja untuk tidak menyebutkan berapa besaran tinggi / rendah pemakaian fitur tersebut. Dikarenakan semua tergantung kebutuhan dari masing-masing foto. Misal : foto A tingkat pencahayaannya sangat kurang, otomatis anda harus meningkatkan bright lebih besar.
Tetapi, saya menyarankan untuk tidak meningkatkan / menurunkan besaran terlalu banyak karena hasilnya menjadi tidak terlihat natural. Jadi lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan yang ada saja.

Hasil Edit menggunakan aplikasi Photoscape             







  
Rumah diatas terjual kurang dari 1 minggu setelah saya giat memasarkannya. Kesimpulannya jika anda mampu menampilkan foto yang menarik, maka konsumen akan jauh lebih tertarik untuk mengunjungi rumah yang anda pasarkan. Semoga readers mendapatkan pengetahuan baru mengenai dunia photography khususnya dibidang property.

Jika anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai dunia photography secara umum. Silahkan kunjungi blog teman saya di situs berikut : http://clickthemoments.blogspot.com

2 komentar:

Unknown mengatakan...

wah bagus kak foto-fotonya. cek blogspot aku juga ya di iamchristianaditya.blogspot.com. thanks

cindysanjaya mengatakan...

Artikel nya menginspirasi saya. Jika Anda berminat mengenai fotografi, bisa buka blog saya di http://clickthemoments.blogspot.com, thankyou :)