Welcome to kevinprayudi.blogspot.com. Feel free to explore more about property. Regards,"Pemuda Pemasar Properti"

Selasa, 19 Mei 2015

Strategi Penjualan Online Dalam Dunia Properti

STRATEGI PENJUALAN ONLINE

            Kalau bicara mengenai Strategi Penjualan Online, pasti tidak jauh-jauh dengan yang namanya Strategi Pemasaran. Mengapa demikian ? Dikarenakan penjualan tidak akan berlangsung tanpa adanya kegiatan pemasaran sehingga mereka adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Usaha apapun baik itu properti, makanan, dll semuanya menggunakan strategi yang sama. Sebenarnya sama aja strategi pemasaran di dunia online dan offline karena merupakan satu topik pembahasan yaitu mengenai pemasaran, namun penjualan online dibantu oleh kecanggihan teknologi yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Tahapan Dalam Menentukan Strategi Penjualan Online


1.    Market Research

            Hal yang penting namun sering kali dianggap sepele oleh para pemasar. Market Research disini sebenarnya adalah bicara mengenai industri dari pemasaran itu sendiri yang berarti masih secara luas. Ada berbagai media pemasaran seperti melalui offline seperti banner, brosur, spanduk, pamflet, dll. Ada juga media pemasaran online seperti website. Dari sini kita petakan dulu, dari sekian banyak pilihan yang ada, kita mau masuk ke ceruk pasar yang mana. Hendaknya kita memilih ceruk pasar yang memiliki potensi atau peluang untuk kita masuki. Selain memiliki peluang untuk kita masuki, kita juga harus memikirkan mana yang paling bisa memberikan keuntungan bagi usaha kita. Jadi market research merupakan hal utama yang harus dilakukan dalam menentukan Strategi penjualan online.

2.    Segmentasi Pasar
Strategi Penjualan Online
Strategi Penjualan Online

            Segmentasi sendiri adalah proses pembentukan segmen-segmen dari pasar yang luas ke pasar yang lebih kecil. Segmen-segmen disini yaitu pengklasifikasian atau pengkategorian pasar berdasarkan kesukaan dan karateristik yang sama. Jadi segmentasi pasar merupakan hal utama yang harus dilakukan dalam menentukan Strategi penjualan online.



Segmentasi biasanya dibagi menjadi 3 sub utama yaitu berdasarkan :
Strategi Penjualan Online
Strategi Penjualan Online


Berikut adalah contoh Segmentasi Pasar untuk usaha Valo Car Care yang saya buat :
Strategi Penjualan Online
Strategi Penjualan Online


  1. Targeting
            
Strategi Penjualan Online
Strategi Penjualan Online
Dari sekian banyak segmen, mana yang akan kita pilih untuk kita sasar saat ini, itulah yang disebut Targeting. Targeting boleh lebih dari satu, tergantung dari sumber daya yang kita miliki.
            Lingkaran pada gambar dibawah ini merupakan targeting dari sekian banyak segmen yang telah saya buat sebelumnya. Segmen yang tidak saya berikan lingkaran bukan berarti tidak berguna/ tidak dipakai. Melainkan target yang akan kita sasar dikemudian hari. Jadi targeting merupakan hal ketiga yang harus dilakukan dalam menentukan Strategi penjualan online.


  1. Differentiation
            Ada dua hal dalam differentiation yaitu Point of Parity dan Point of Differentiation. Kalau Point of Parity bicara mengenai kelebihan umum yang harus kita miliki agar mampu bersaing disegmen yang kita tentukan. Jadi kelebihan yang ada di POP juga dimiliki oleh kompetitor. Sedangkan Point of Differentiation merupakan faktor pembeda yang kita miliki, namun kompetitor tidak miliki. Untuk mampu bersaing dengan kompetitor khususnya di dunia online, kita harus mampu mempunyai Point of Differantiation karena hal ini merupakan nilai lebih yang kita tawarkan oleh konsumen.
            Kriteria dari diferensiasi yang baik adalah : Unique, Benefit for Customer, Distinctive, Preemptive (Hard to copied), Accesible, Profitable. Jika differentiation yang kita buat sudah memenuhi kriteria diatas maka bisa dibilang sudah baik.

  1. Positioning
            Positioning bicara mengenai ingin dilihat seperti apa kita dibenak konsumen. Bicara mengenai benak berarti bicara mengenai mindset, oleh karena itu kita harus membuat suatu positioning yang disukai oleh target market kita. Tujuan dari dibuatnya positioning sendiri adalah agar membantu konsumen mengingat produk yang kita jual, mengkomunikasikan kelebihan yang kita miliki dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna oleh konsumen.

Ada 7 jenis Positioning yaitu :

  1. Attribute Positioning
  2. Benefit Positioning
  3. Use/ Application Positioning
  4. User Positioning
  5. Competitor Positioning
  6. Product Category Positioning
  7. Quality / Price Positioning.



            Jadi intinya Strategi Penjualan Online bicara sebelum melakukan proses penjualan. Hal-hal yang sudah saya sebutkan sebelum haruslah dilakukan atau ditentukan terlebih dahulu. Dikarenakan segala sesuatu butuh perencanaan dan strategi yang matang agar usaha kita bisa berjalan dengan baik dan lancar.


Sebagai penutup ini merupakan gambaran singkat mengenai  tahapan dalam Strategi Penjualan Online à (STP) :

Strategi Penjualan Online
Strategi Penjualan Online

2 komentar:

joi mengatakan...

infonya sangat menarik,,,
salam sukses,,,
mantap,,

Pengobatan Alami Limpa Bengkak mengatakan...

terimakasih banyak, sangat membantu sekali...